Tips Mempercepat Kinerja Smartphone ASUS

Tips Mempercepat Smartphone Asus
Mempercepat Smartphone Asus

Untuk mempercepat sebuah smartphone, kita ambil contoh misalnya adalah smartphone bermerk Asus sebenarnya tidaklah sulit. Dalam artikel kali ini akan saya berikan beberapa tips agar smartphone Asus anda bisa bekerja lebih responsive dan lebih lancar dari biasanya. Sebenarnya cara ini juga berlaku untuk smartphone merk lainya, hanya saja mungkin cara caranya tidak bisa anda lakukan semua karena perbedaan merk tadi.

Semua cara dibawah ini saya dapatkan atas pengalaman saya pribadi, bukan dari hasil browsing di internet atau dari pengalaman orang lain. Soalnya saya sendiri juga menggunakan smartphone Asus, yang saya pakai adalah Asus Zenfone Go series yang keluaran terbaru 2016.

Baiklah tidak usah berlama lama, berikut merupakan beberapa tips yang bisa anda ikuti agar smartphone kesayangan anda bisa bekerja lebih cepat.

1. Jangan menginstal terlalu banyak aplikasi

Android kini merupakan salah satu platform ponsel yang tersedia banyak aplikasinya. Hal tersebut memang ditujukan tentu untuk memanjakan para pengguna. Memang menguntungkan jika kita bisa memanfaatkannya dengan baik. Lalu apa permasalahannya?

Pastinya kita tau, misalnya jika smartphone kita penuh dengan aplikasi, apa yang akan terjadi?

Ya, smartphone kita akan terasa berat dan kecepatannya tentu akan menurun. Nah, salah satu cara mengatasinya adalah tentu dengan tidak menginstal terlalu banyak aplikasi di smartphone kita.

Di ponsel saya sendiri, saya hanya menginstal beberapa aplikasi yang saya rasa penting saja, seperti BBM, WordPress, Whats App, Star Music Tag Editor dan UC Browser.

Kenapa hanya itu? Bagaimana dengan aplikasi social media?

Pertanyaan yang bagus. Bagaimana dengan aplikasi social media? Dalam mengupdate social media saya tidak menggunakan aplikasinya masing masing seperti Facebook Lite atau Twitter. Biasanya saya membuka akun sosial media saya menggunakan satu aplikasi browser, yakni UC Browser. Dengan UC Browser saya rasa semua itu sudah bisa kita lakukan tanpa harus menginstal aplikasinya masing masing. Hasilnya tentu kita tidak harus menginstal banyak aplikasi dan kita juga bisa menghemat penyimpanan telepon.

2. Gunakan tampilan yang sederhana

Sebisa mungkin untuk menghindari yang namanya launcher, tampilan yang mewah apalagi dengan wallpaper bergerak seperti live wallpaper. Memang kesan tampilan menarik bisa kita peroleh, namun anda juga pastinya tau seandainya kita memakai wallpaper bergerak tadi ponsel kita akan bekerja terus terusan. Tidak hanya lambat, baterai ponsel juga pastinya mudah terkuras.

Untuk itu, cobalah untuk menggunakan tampilan yang sesederhana mungkin. Bisa anda mulai dengan memakai wallpaper bawaan ponsel, menggunakan font original dan yang juga penting adalah membatasi penggunaan widget.

Kenapa? Cara kerja widget sendiri sebenarnya sama dengan live wallpaper tadi. Ponsel dituntut untuk bekerja terus terusan. Salah satu widget yang biasanya selalu ada pada setiap ponsel adalah widget cuaca. Cobalah untuk menghilangkan widget tersebut, bukan hanya untuk mempercepat kinerja ponsel, efek lainya adalah bisa menghemat baterai smartphone kita.

3. Manfaatkan aplikasi auto start manager

Auto start manager merupakan aplikasi yang berguna untuk mengontrol aplikasi yang berjalan sebagai latar belakang.

Dengan auto start manager kita bisa mengatur aplikasi mana yang ingin kita berhentikan agar tidak terus terusan berjalan. Keuntungan lain dengan memanfaatkan aplikasi ini adalah kita bisa menghemat RAM.

4. Bersihkan file sampah secara rutin

Permasalahan lainya adalah file sampah atau junk file

Untuk mengatasi ini, saya biasa menggunakan aplikasi clean master. Untuk rentang waktunya pun tidak saya target, biasanya jika ponsel sudah berasa lemot, baru saya lakukan pembersihan file sampah tadi.

5. Nonaktifkan aplikasi yang tidak diperlukan

Yang ini juga penting. Biasanya ponsel baru akan ada banyak aplikasi bawaannya.

Nah dalam menyikapinya, di ponsel saya ada beberapa yang saya nonaktifkan atau disable. Seperti aplikasi YouTube, Google Play Music, Photos, dan beberapa aplikasi yang sekiranya tidak saya gunakan.

Oke, mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan. Barangkali anda memiliki tips tambahan, silahkan ditulis di kolom komentar. Sekian dan terimakasih

Advertisements

One thought on “Tips Mempercepat Kinerja Smartphone ASUS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s